Belajar Dunia Kerja dengan PT. Toba Pulp Lestari

Prodi Teknik Material telah menyelenggarakan kegiatan Studium Generale dengan tema “Improving Your Soft Skill for Future Professional with Toba Pulp Lestari” pada tanggal 25 April 2022. Narasumber pada kegiatan ini merupakan Learning & Development Team Leader dan Talent Acquisition Supervisor dari PT. Toba Pulp Lestari, Bapak Arief Herdiyanto dan Ibu Fanesha Febriary Tobing.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Koordinator Program Studi Teknik Material, Dr. Nur Istiqomah Khamidy, S.T., M.Sc.. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Arief Herdiyanto. Materi yang disampaikan meliputi program-program apa saja yang ada di PT. Toba Pulp Lestari dan dapat diisi oleh mahasiswa Teknik Material serta mahasiswa-mahasiswa prodi lain. Program-program tersebut diantaranya adalah intership, yang meliputi Praktik Kerja Lapangan, Penelitian atau Riset, dan Prakik Kerja Industri. Bapak Arief Herdiyanto juga menjelaskan proses dan syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh mahasiswa jika ingin berpartisipasi dalam program-program tersebut.

Penyampaian materi kemudian dilanjutkan oleh Ibu Fanesha Febriary Tobing. Materi kali ini memuat tentang tokoh-tokoh inspiratif yang dapat dijadikan role model oleh generasi muda. Selain itu, disampaikan pula keahlian-keahlian apa saja yang sangat dibutuhkan oleh persuahaan atau dunia industri, berdasarkan survey terakhir tahun 2020. Beberapa hasil teratas adalah kemampuan untuk berkomunikasi, kepemimpinan, dan pemikiran proaktif. Materi kali ini juga diselingi dengan permainan interaktif yang meningkatkan antusias dan partisipasi peserta kegiatan Studium Generale.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, terlihat sekali antusiasme peserta yang dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi pertanyaan seputar dunia kerja serta pengembangan diri. Kegiatan kemudian ditutup dengan sesi dokumentasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *