Program Studi Teknik Material ITERA Belajar Merancang Struktur Komposit dari Narasumber Ternama

Berita

Program Studi Teknik Material ITERA melaksanakan Studium Generale dengan tajuk “Designing Structures Using Composite Materials”, 7 Mei 2021.

Acara yang diikuti lebih dari 150 peserta ini menghadirkan narasumber yaitu Dr. Arief Yudhanto, S.T., M.Eng., selaku Research Scientist dari COHMAS Laboratory, KAUST (King Abdullah University of Science and Technology), Saudi Arabia. Acara ini dipandu oleh moderator Dr. Muhamad Fatikul Arif, S.T., M.Sc. selaku dosen Program Studi Teknik Material dan Ketua Kelompok Keilmuwan Pemrosesan Material.

Dalam sambutannya, Koordinator Program Studi Teknik Material Dr. Eka Nurfani. S.Si., M.Si. menyampaikan kepada para audiens, khususnya mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Material Polimer dan Komposit untuk memanfaatkan acara ini agar dapat lebih memahami konsep dalam merancang sebuah struktur komposit.

“Dr. Arief Yudhanto mempunyai pengalaman dalam bidang komposit selama lebih dari 20 tahun. Diharapkan audiens dapat memanfaatkan acara Studium Generale ini dengan baik.“ Ujar Dr. Eka Nurfani.

Dalam sesi materi, Dr. Arief Yudhanto menjelaskan bahwa proses desain pesawat terbang dapat memakan waktu kurang lebih sepuluh tahun, mulai dari fase studi awal, desain konseptual, hingga desain detail. Selain itu, Dr. Arief menjelaskan mengenai studi kasus perancangan komposit termoplastik berpenguat serat gelas kontinu. “Komposit varian ini merupakan penemuan terkini dalam bidang komposit sehingga mempunyai kekuatan lebih tinggi dibandingkan dengan material sejenis”, ujar Dr. Arief.

Pada sesi akhir acara, narasumber menjelaskan mengenai peluang beasiswa S2 dan S3 di KAUST dan mendorong sivitas akademika di ITERA untuk dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Teknik Material
Teknik Material
Administrator Website Teknik Material, Institut Teknologi Sumatera
https://mt.itera.ac.id

Leave a Reply